NU Harus Bangun RS di Tingkat Provinsi

Friday, March 26, 2010
M. Rizal Maslan - detikNews
Makassar - Komisi Program Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-32 merekomendasikan pengurus baru yang nantinya terbentuk, agar mendirikan Rumah Sakit NU di daerah tingkat I atau provinsi.

"Dalam sidang komisi program, muktamirin mencermati soal kesehatan, di mana agar NU bisa mendirikan rumah sakit-rumah sakit, untuk awalnya di tingkat provinsi, ini salah satu program dari empat program utama kita," kata Ketua Komisi Program KH Abbas Amu'in.

Hal itu dikatakan Abbas dalam jumpa pers di Media Center Muktamar NU-32, Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (26/3/2010).

Diakui Abbas, pembangunan rumah sakit NU itu memang belum bisa dilakukan karena terkendala persoalan dana dan SDM. "Jadi memang secara kongkret belum bisa dilaksanan, ini tergantung kesiapan wilayah atau daerah masing-masing," kata dia.

Diharapkan di setiap daerah pada tahun pertama mendapatkan lokasi tanah untuk membangun rumah sakit. "Ini memang akan dibawa dan dibahas ke tingkat musyawarah atau forum lainnya," jelasnya.

Abbas mengatakan, saat ini NU sudah memiliki rumah sakit sendiri, yaitu RS NU Tuban, Jawa Timur. "Ini adalah satu-satunya rumah sakit yang baru dibangun NU. Di tingkat dua, kita harapkan bisa di tingkat satu," imbuhnya.

Abbas juga menjelaskan, selain bidang kesehatan, ada beberapa hal penting yang dibahas para muktamirin, antara lain soal pendidikan dan pengembangan ekonomi. Pengembangan ekonomi harus mendukung industri kecil bagi kepentingan nelayan, petani dan industri kecil, serta program lainnya yang jangan sampai tumpang tindih antara lembaga atau badan otonom.

(zal/lrn)

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box