Muktamar NU Tak Bahas Konflik PKB

Friday, March 26, 2010
M. Rizal Maslan - detikNews
Makassar - Konflik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang masih terus berlangsung hingga kini tidak dibahas dalam Muktamar Nahdlatul Ulama (NU)ke-32 di Makassar. Namun begitu, NU akan melakukan komunikasi politik dengan berbagai pihak sebagai bentuk perhatian kepada parpol yang banyak diisi kaum nahdliyiin itu.

"Sejak dari awal kami tidak mengagendakan pembahasan masalah konflik di PKB," kata Sekretaris Panitia Muktamar NU ke-32, Taufik R Abdullah, dalam jumpa persnya di Media Center Muktamar NU di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulsel, Jum'at (26/3/2010).

Taufik menjelaskan, peran NU dalam merespon konflik PKB sangatlah normatif. Peran NU ada tiga, yaitu dalam politik, etik moral sebagai petunjuk berpolitik bagi warga NU, dan peran organisatoris NU yang hanya sekadar memproduksi kader-kader yang akan disalurkan dalam berbagai segmen seperti politik.

"Kalau dituntut politis paling banter, peran melakukan komunikasi dari berbagai pihak agar mereka bisa melaksanakan petunjuk NU," ujarya.

Pembahasan masalah konflik PKB ini memang menjadi tuntutan sejumlah pihak, khususnya para politisi PKB di dalam muktamar. Namun banyak kalangan yang justru tidak setuju dengan urusan parpol yang satu ini. Alasannya, mereka khawatir NU akan ditarik ke ranah politik praktis.

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box