Gus Mus: Muktamar NU Seperti Pelaksanaan Pilkada

Friday, March 26, 2010


Mauludin Anwar
26/03/2010 20:02
Liputan6.com, Makassar: Budayawan dan sesepuh NU, KH Mustofa Bisri (Gus Mus), di sela-sela pelaksanaan Muktamar Nahdlatul Ulama (NU), di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (26/3), mengatakan, pemilihan Ketua Umum PBNU dan Rais Am, sudah benar-benar seperti pilkada atau pemilihan ketua partai politik.

Bagaimana tidak kata Gus Mus, setiap kandidat berusaha menjegal dan menggunakan segala cara, untuk mengalahkan kandidat lainnya. Pengerahan atau mobilisasi massa untuk mendukung salah satu kandidat di arena muktamar, juga seperti menjadi hal yang tidak tabu lagi dilakukan.

Melihat hal ini, Gus Mus menghimbau kepada para peserta muktamar untuk tidak menggadaikan suaranya dengan memilih kandidat yang tidak kompeten, atau kandidat yang telah diintervensi oleh kekuasaan. "Pilihlah orang-orang yang bekerja untuk kebesaran NU", kata Gus Mus.

Peryataan Gus Mus ini semakin diperkuat dengan beredarnya isu politik uang di arena muktamar, untuk memenangkan salah satu kandidat. Meski belum ada verifikasi data tentang kejelasan isu ini, namun sebagian peserta, bahkan kandidat seperti, KH Mustofa Bisri dan Ulil Absar Abdala membenarkannya. Hasyim menganggap, politik uang sangat mengotori kesakralan pelaksanaan muktamar.

Isu politik uang semakin kencang berembus, saat salah satu kandidat, yakni Said Agil Siraj sebelumnya sempat mendatangi kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, dan dianggap mendapat restu dari Presiden. Namun isu ini dibantah oleh Said.

Sementara hari ini, Komisi Bidang Organisasi NU, rencananya akan melakukan sidang pleno, sebelum pemilihan Rois Am dan Ketua Umum PBNU dilaksanakan.

Sedangkan dari hasil survei Lembaga Trus Indonesia, menempatkan KH Said Agil Siraj sebagai kandidat utama, dengan perolehan suara mencapai 35,8 persen. Ini bertolak belakang dengan hasil survei dari Pupkaptis UI, yang menempatkan KH Sholahuddin Wahid di urutan pertama, dengan perolehan suara mencapai 86,15 persen.(ARL)

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box