Rois Aam Dipilih Musyawarah

Monday, March 22, 2010

SURABAYA - SURYA- Ketua PP GP Ansor, Saifullah Yusuf mengusulkan pelaksanaan pemilihan Rois Aam dilakukan dengan mekanisme musyawarah oleh para kiai sepuh NU. Hal ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya yang menggunakan mekanisme pemilihan langsung oleh rois syuriah sebagai pemilik suara.

Ansor merupakan salah satu badan otonom NU. Mereka memiliki hak bicara dalam muktamar NU, namun tidak memiliki hak pilih. “Saya akan mengusulkan ini kepada muktamirin,” ujar Saifullah, Senin (23/3).

Ia khawatir, jika pemilihan dilakukan oleh rois syuriah akan memunculkan faksi-faksi di NU. Ini akan menunjukkan, kalau NU seperti partai politik. “Bisa jadi peserta yang kecewa mengatakan, alah..wong hanya dipilih sekian saja, tidak beda jauh. Ini kan tidak baik bagi NU,” katanya.

Saat ini ada dua calon kuat rois Aam. Mereka adalah KH Sahal Mahfudz dan Hasyim Muzadi. Namun, kata Saifullah, rois aam nantinya harus dipegang kiai yang memiliki jiwa kefaqihan, wara’, dan mendalami ilmu agama. Di antara kiai yang pantas adalah KH Sahal Mahfudz, KH Maimun Zubair, KH Ali Yafi, KH Zainuddin Jazuli, dan KH Habib Lutfi. “Bukan dipimpin orang yang suka dukung-mendukung,” pungkasnya.niks

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box