NU serukan penghentian agresi militer Israel

Monday, March 22, 2010


Selasa, 23/03/2010 11:18:29 WIBOleh: Kwan Men Yon
MAKASSAR (Bisnis.com): Nahdlatul Ulama, organisasi Islam terbesar di dunia, menyerukan kepada para pemimpin dunia Islam dan Arab agar mendesak Sekjen Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Ban Ki-moon segera melakukan intervensi signifikan secara kemanusiaan untuk menghentikan agresi militer Israel di Palestina.

Seruan tersebut ditandatangani seusai acara Dialog Bersama NU dan Ulama dari 48 Negara di Hotel Sahid Jaya Makassar, Senin 22 Maret malam. Dialog ini merupakan rangkaian kegiatan pra Muktamar NU ke-32.

Dalam siaran pers yang dibagikan siang ini, NU menilai semua pihak yang peduli harus bersatu menolong Palestina.

Konflik yang telah berusia 60 tahun itu, menurut NU, hendaknya segera dicarikan jalan keluar terbaik agar tidak semakin banyak rakyat Palestina yang menjadi korban senjata berat Israel. Masalah Palestina-Israel yang sekian lama dalam status quo juga kerap memantik bara pertikaian antara negara Islam dengan Barat, khususnya Amerika Serikat yang dituding terlalu memihak Israel.

Berbagai masalah yang terjadi di belahan dunia Islam seperti Palestina, Irak dan Afganistan, menurut siaran pers itu, harus difahami sebagai problem kemanusiaan bersama. NU menyayangkan tidak adanya kesamaan sikap negara-negara Islam dalam menghadapi konflik tersebut.

Dalam dialog itu ulama juga diingatkan untuk tidak hanya menyeru umat sebatas tataran nilai, namun juga harus mampu meletakkannya dalam kehidupan nyata agar umat Islam tidak menjalani kesehariannya dengan menerapkan nilai yang jauh dari ajaran agama.

"Dari sini umat Islam tidak berbeda sebagai 'musuh' bagi ajarannya sendiri," kata Prof. Wahbah Az-Zuhaili, Guru Besar Universitas Damaskus yang juga Mufti asal Malaysia.(er)

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box