Said Aqil Siradj Ketua Umum PBNU yang Baru

Saturday, March 27, 2010

image

Jakarta, CyberNews. PROF. DR. KH. Said Aqil Siradj akhirnya terpilih sebagai Ketua umum PBNU periode 2010-2015 dengan memperoleh 294 suara mengalahkan Slamet effendy Yusuf dengan 201 suara dan suara yang batal hanya 1 suara. Dengan demikian, suara yang masuk dalam pemilihan tahap kedua ini berjumlah 496 suara. Sebelumnya pada pemilihan Rais Aam PBNU suara yang masuk sebesar 503 suara. Dengan demikian, Said Aqil otomatis menjadi Ketua tim formatur bersama KH. Sahal Mahfudz bersama kelima tim formatur yang lain perwakilan lima pulau di Indonesia (Sumatera, Sulewesi, Kalimantan, Papua dan Nusa Tenggara Timur).
Tim formatur tersebut sesuai dengan AD/ART harus melengkapi kepengurusan PBNU selambat-lambatnya selama 30 puluh hari sejak ditetapkan di Makassar, pada Sabtu (27/3/2010). Pemilihan ketua umum PBNU ini terlihat cukup menegangkan karena berlangsung selam dua tahap. Karena itu begitu Said Aqil memperoleh suara unggul, meski perhitungan suara belum selesai, muktamirin langsung menyalami said Aqil. Karuan saja suasana pemilihan agak ricuh dan terganggu, sehingga harus diamankan oleh pengamanan Banser. Perhitungan pun kemudian dilanjutkan dan Said Aqil terbukti menang atas Slamet Effendy Yusuf.

Dengan demikian, Said Aqil Siradj didampingi Slamet Effendy Yusuf, ketua panitia muktamar KH. Hafidz Ustman, Ketua PWNU Sulsel Dr. Zein Irwanto dll. langsung menduduki kursi di jajaran pimpinan sidang untuk memimpin tim formatus. Said Aqil menjelaskan, jika dirinya akan menjadikan NU sebagai ormas keagamaan terbesar ini lebih mandiri dan independen serta tidak akan ditarik-tarik untuk kepentingan politik praktis. “Insyaallah dengan dibantu oleh jajaran Syuriah dan Mustasyar PBNU, NU akan melaksanakan Khittah NU 1926 yang menekankan pada palaksanaan program pendidikan, ekonomi dan pembangunan negara dalam kerangka NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika,”ujarnya.
( A Adib / CN14 )

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box