Gus Solah Gagal Pimpin NU

Saturday, March 27, 2010

Sabtu, 27 Maret 2010 18:45 WIB    
Penulis : Nurulia Juwita Sari
MAKASSAR--MI:Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari, Salahuddin Wahid, gagal melaju ke putaran kedua dalam pemilihan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). 

Dalam voting di putaran pertama, Salahuddin Wahid atau biasa disapa Gus Solah hanya mampu menempati posisi ketiga dengan 83 suara. Angka tersebut kurang dari syarat 99 suara untuk melaju ke putaran kedua. Posisi teratas ditempati Said Aqil Siradj dengan 178 suara, disusul Slamet Effendy Yusuf dengan 158 suara. 

Perolehan angka tersebut sempat mencengangkan para muktamirin, karena sejak awal Gus Solah disebut menjadi salah satu kandidat terkuat yang bersaing dengan Said Aqil Siradj. 

Posisi keempat diraih Ahmad Bagdja dengan 34 suara, kemudian Ulil Abshar Abdalla 22 suara dan Ali Maschan Musa 8 suara. Di luar dugaan, kader NU yang juga anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Aziz mendapat tujuh suara, mantan Ketua PBNU Hasyim Muzadi masih dipilih dan memperoleh enam suara, dan Hasan Mutawaqqil mendapatkan satu suara. 

"Sesuai dengan tata tertib, calon yang memperoleh minimal 99 suara hanya ada dua, yaitu KH Said Aqil Siradj dan Slamet Effendy Yusuf. Keduanya telah mendapat restu dari Mbah Sahal untuk melanjutkan pemilihan," kata pimpinan sidang KH Zain Irwanto 

Saat sidang diskors, para kandidat terlihat melakukan konsolidasi. Gus Solah dan Ulil Abshar Abdallah melakukan pertemuan di ruang Marhamah dengan Mbah Sahal dan Slamet Effendy Yusuf. Sementara di tempat terpisah, Ahmad Bagdja merapat ke Said Aqil Siradj. (NJ/OL-01)

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box