Setelah Dibuka SBY, Ribuan Muktamirin Mulai Musyawarah

Tuesday, March 23, 2010
M. Rizal Maslan - detikNews

Jakarta - Setelah dibuka oleh
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), para peserta Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-32 kembali ke Asrama Haji Makassar, Sudiang, Makassar. Para muktamirin malam ini mulai melakukan musyawarah dengan agenda pertama yaitu soal tata tertib dan acara muktamar.

Dari jadwal acara yang diperoleh detikcom di Media Center Muktamar NU di Asrama Haji Makassar, Sudiang, Makassar, Selasa (23/3/2010) malam. Pengesahan dan Pembahasan Tata Tertib dan Acara Muktamar akan berlansung pukul 19.30 WIT hingga 22.00 WIT.

Sementara esok hari, Rabu (24/3/2010), Muktamar akan diisi dialog dengan sejumlah narasumber, di antaranya Menteri Agama Suryadarma Ali, Menteri Pendidikan, Menteri Tenaga Kerja, Menteri PPDT, Menteri UKM dan Menteri Kesehatan. Acara ini akan dimulai pukul 08.00-16.15 WIT.

Baru pada pukul 19.30-22.30 WIT acara dilanjutkan dengan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Besar Nahdlatul Ulama masa khidmat 2004-2010. Keesokan harinya, akan diadakan sejumlah pandangan umum atas Laporan Pertanggungjawaban PBNU dan sore harinya dilanjutkan dengan penyampaian jawaban atas pemandangan umum itu.

Pada Jumat (26/3/2010), akan dilakukan sidang-sidang komisi, di antaranya Komisi A Maudlu'iyah yang membahas Masail Diniyah (Ahkam), Komisi B Waqi'iyah yang membahas Masail Diniyah (tematik), Komisi C Qonuniyyah membahas Masail Diniyah (Perundang-undangan), Komisi D Organisasi yang membahas AD/ART, Komisi E Program tentang materi program dan Komisi F Rekomendasi tentang masalah umum.

Sidang komisi akan berlangsung hingga hari Sabtu dan langsung disahkan hasil-hasil musyawarah masing-masing komisi itu. Setelah itu, malamnya akan dilakukan pemilihan pengurus PBNU periode 2010-2015. Baru pada hari Minggu (28/3/2010) siang rencananya muktamar akan ditutup.

Sementara itu di lapangan Asrama Haji Makassar ini terlihat semarak. Sejumlah stan yang terang benderang dengan lampu itu menawarkan berbagai produk. Begitu juga di luar arena musyawarah, di sepanjang jalan masuk menuju komplek ini, juga kedua sisi jalan dipadati lapak pada pedang kaki lima.

(zal/lrn)

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box