Santri NU Cukup Jaminkan Ijazah

Wednesday, March 24, 2010

RABU, 24 MARET 2010 | 13:19 WIB

Interaktif, Makassar - Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah menjalin kerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU). Isinya adalah memberi kemudahan kepada santri-santri yang baru lulus dalam bentuk kredit tanpa agunan. Santri dapat memperoleh kredit cukup dengan menjaminkan ijazahnya.

Bagian dari kerja sama itu adalah memberi pelatihan kepada santri, khususnya santri yang baru tamat. Kemudian membentuk koperasi di pondok pesantren dan masjid-masjid basis NU. “Pelatihan keterampilan juga untuk mendorong santri menjadi pengusaha pemula,” tutur Menteri Koperasi Sjarifuddin Hasan dalam Muktamar ke-32 NU siang ini.

Jumlah bantuan akan disesuaikan dengan kelayakan usaha masing-masing santri. Prosedunya santri membikin proposal lalu diajukan ke pengurus NU, baru diteruskan ke Kementerian Koperasi. “Fokus program adalah santri sebagai objek, sedangkan pesantren hanya sebagai media,” ujar Menteri.

Melalui kerja sama ini, Kementerian ingin menjalin sinergi dengan NU yang merupakan organisasi massa Islam terbesar di Indonesia. Program ini juga diharapkan menjadi penggerak ekonomi pedesaan.

ARIFUDDIN KUNU

1 comments:

Chelsy Kho said...

Numpang Promo ya

PAPADOMINO agen poker online terpercaya
judi poker
bandar poker
domino online
agen poker online
poker online
capsa susun
poker online terpecaya

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box