Muktamar NU Seperti Pemilihan Ketua Parpol

Wednesday, March 24, 2010
24/03/2010 - 15:21


(istimewa)

INILAH.COM, Makassar - Nuansa politis di arena Muktamar ke-32 Nahdlatul Ulama (NU) di Makassar sangat mencolok. Praktik-pratik seperti perhelatan partai politik tidak dapat ditutupi.

Kuatnya nuansa politik diakui oleh Malik Haramain, Sekjen GP Ansor yang juga panitia muktamar NU. Menurut Malik, suasana yang terjadi hampir sama dengan muktamar atau kongres partai politik.

"Cara komunikasi para kandidat sangat vulgar. Mobiliasi dukungan dan pemasangan baliho atau sepanduk kandidat juga tak ubahnya seperti dalam perebutan kursi ketua umum partai," ujar Malik kepadaINILAH.COM , Rabu yang dihubungi dari Jakarta.

Malik menuturkan, dalam tradisi NU para ulama tidak mencari jabatan tetapi kalau diberi amanat, mereka tidak dapat menolak. Sedangkan yang terjadi sekarang sejumlah ulama memperebutkan jabatan.

Saat ini nama yang muncul dalam bursa Ketua Umum PBNU adalah Ahmad Bagja, Solahudddin Wahid, Said Aqil Siradj, Slamet Effendi Yusuf, Masdar F. Mas'udi, Ali Mahsan Moesa, dan Ulil Abrar Abdalla.

Bukan hanya dalam perebutan kursi Ketua Umum PBNU. Perdebatan mengenai siapa yang akan menjadi Rois Aam PBNU pun berlangsung secara vulgar.

Tim sukses kandidat Rois Aam bermanuver di lokasi muktamar untuk meraih dukungan. "Saya berpendapat untuk posisi Rois Aam harus diambil melakui musyawarah mufakat, jangan di-voting. Kalau di-voting nanti yang kalah kasihan. Tidak elok kalau kyai sepuh kalah dalam voting," tambah Malik.

Nama-nama yang muncul dalam bura Rois Aam adalah: KH. Sahal Mahfudz, KH. Hasyim Muzadi, dan Habib Lutfi (dari Pekalongan). Nama KH. Tolhah Hasan sempat muncul dalam bursa kandidat Rois Aam tetapi kini menghilang.

Dalam sejarah NU, pemilihan Rois Aam PBNU hanya sekali dilakukan voting, yaitu pada Muktamar NU di Kediri tahun 2000. Waktu itu KH. Sahal Mahfudz unggul atas KH. Abdurrahman Wahid. Selebihnya, pemilihan Rois Aam selalu dilakukan melalui musyawarah mufakat. [wdh]

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box