Said Aqil Minta Kandidat Ketum PBNU Berkompetisi Secara Fair

Saturday, March 20, 2010

Minggu, 21 Maret 2010 | 12:30 WIB

(Vibizdaily-Nasional) Menjelang pelaksanaan muktamar NU yang agenda utamanya memilih ketua umum PBNU 5 tahun mendatang, suhu politik dalam organisasi massa Islam terbesar di Indonesia itu memanas. Saling demo dan black campaign pun beredar.


Calon ketua umum PBNU KH Said Aqil Siradj meminta kepada semua pihak dan kandidat untuk berkompetisi secara fair dan berakhlak. Pernyataan Said ini menyikapi soal adanya demonstrasi yang mendiskreditkan calon tertentu di depan PBNU beberapa waktu lalu.

"Saya tidak setuju dengan cara-cara seperti itu. Saya minta kepada semua, kalau berbeda pendapat, ya kita hargai. Jangan mencaci maki. Gunakanlah akhlaqul karimah," kata Said, Minggu (21/3/2010).

Menurut mantan Katib Am PBNU era Gus Dur ini, cara-cara yang baik dan bermusyawarah dalam menyelesaikan perbedaan adalah karakter dan tradisi NU. Karena itu, jika ada penolakan dan sikap tidak setuju, sebaiknya disampaikan dengan cara yang baik, bukan dengan mengecam.

"Kalau ada perbedaan, di NU ada caranya sendiri dalam menyelesaikan. Maka, saya berharap, hendaknya sikap berbeda itu disampaikan dengan cara yang baik," terangnya.

Saat ditanya soal penilaiannya terhadap calon-calon lain yang juga diterima SBY, KH Sholahudin Wahid, Said menjawab enteng. "Saya menghargai. Beliau itu kan adik Gus Dur, saya hormat kepada beliau. Tetapi soal nawaitu untuk memimpin NU kan saya sudah sejak 10 tahun lalu. Dalam Muktamar NU di Lirboyo dulu, saya kalah 32 suara dengan Pak Hasyim," paparnya.

"Namun, setelah itu saya bersama Pak Hasyim di kepengurusan PBNU sampai sekarang. Kalau acara NU di luar negeri, khususnya di Timur Tengah, saya yang mewakili beliau. Jadi dengan siapapun kami tidak ada masalah," terangnya.

Siapa yang akan digandeng untuk menjadi Rais AM, Said dengan diplomatis menjawab, "Itu ada yang mengurus sendiri. Saya kan di tanfidziyah. Apalagi Rais Am kan dipilih duluan," pungkasnya.

(ma/MA/dtc)

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box