Jabatan Rois Aam PBNU Bukan Untuk Diperebutkan

Saturday, March 20, 2010

SELASA, 09 MARET 2010 | 15:30 WIB

TEMPO Interaktif, Surabaya - Ketua Gerakan Pemuda Anshor Saifullah Yusuf minta Pengurus Wilayah Nahldatul Ulama Jawa Timur tak ngotot untuk mencalonkan Hayim Muzadi menjadi Rois Aam PBNU. “Jabatan Rois Aam itu bukan untuk diperebutkan,” kata Saifullah, di Surabaya, Selasa (9/3).

Menurut Gus Ipul, sapaan Saifullah, selama ini, Kiai Sahal Mahfud yang sekarang menjabat sebagai Rois Aam PBNU masih bersedia untuk dipillih kembali menjadi Rois Aam. Sebab itu, sangat tidak elok kalau ada calon lain yang terlalu berambisi untuk menjadi Rois Aam menggantikan Kiai Sahal Mahfud.

“Dalam tradisi NU itu harus takzim dengan yang sepuh, Rois Aam bukan untuk gagah-gagahan. Kalau ada yang berambisi, saya malah curiga ada kepentingan terselubung,” kata Gus Ipul.

Menurut dia, dengan masih bersedianya Kiai Sahal Mahfud untuk kembali menjadi Rois Aam, maka pintu untuk calon lainnya sebenarnya sudah tertutup. Hal ini juga sudah berlaku sejak NU berdiri, yakni Rois Aam harus dipimpin oleh kiai sepuh yang memang disegani dan terbebas dari ambisi politik.

Untuk Hasyim Muzadi yang saat ini berniat menjadi Rois Aam, Gus Ipul berpandangan agar yang bersangkutan cukup menjadi wakil Rois Aam saja. “Saya rasa supaya tidak kualat, biar wakil Rois Aam-nya saja yang diperbanyak, untuk Rois Aam biarkan tetap Kiai Sahal,” katanya.

Sementara itu, dalam Musyawarah Luar Biasa PWNU Jatim yang digelar kemarin setidaknya merekomendasikan Hasyim Muzadi sebagai calon tunggal Rois Aam. Sedangkan calon untuk Ketua Umum PBNU diusulkan dua nama, yaitu Salahuddin Wahid (Gus Sholah) dan Ahmad Bagja.

“Semula ada tiga nama yang akan diusulkan untuk ketua umum, yaitu ditambah dengan Said Aqil Siroj. Tapi, mayoritas PCNU menghendaki Gus Sholah dan Ahmad Bagja,” kata Ketua PWNU Jatim Mutawakil Alallah. Namun, untuk posisi calon Rois Aam, ia tidak mau berkomentar, “Kalau soal Rois Aam, saya tidak mau berpolemik.”

ROHMAN TAUFIQ

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box