Survei: Dukungan untuk Hasyim Muzadi Menguat

Thursday, March 18, 2010
Jelang Muktamar NU

Selasa, 16 Maret 2010, 21:10 WIB
JAKARTA--Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi mendapat dukungan besar dari pengurus wilayah PW) dan pengurus cabang (PC) untuk menempati posisi Rais Aam Syuriah PBNU pada Muktamar NU ke-32 di Makassar 22-27 Maret 2010.

Demikian hasil survei yang disampaikan Ketua Lakspedam (Lembaga Pengkajian Sumber Daya Manusia) PBNU, Nashihin Hisam, dalam dialog elemen NU serta parpol dengan Ketua PBNU Ammad Bagdja di Jakarta, Selasa (16/3).

Menurut Nashihin, dari 33 pengurus wilayah yang disurvei, mendukung Hasyim Muzadi untuk menggantikan KH Sahal Mahfudh mencapai 70 persen. Sementara H Ahmad Bagdja, mendapat dukungan kurang dari 40 persen untuk menggantikan Hasyim.

''Survei ini juga dilakukan oleh salah satu media dan sudah dicross-check oleh Lapspedam,''ujarnya

Sementara dari 462 pengurus cabang (PC) se-Indonesia yang disurvei menyatakan mendukung Hasyim Muzadi menempati rais aam mencapai 70 persen. Sedangkan yang memilih Ahmad Bagdja untuk dduku di ketua umum tanfidz mencapai 43 persen.

''Masih dari survei, responden dari kalangan pengurus wilayah dan cabang menyatakan bahwa ketua umum PBNU tidak harus kiai dan mempunyai pondok pesantren. Pasalnya, agar tidak terikat oleh usuran pesantren yang dipimpin,'' katanya.

Di tempat sama Profesor Ridwan Lubis dari pengurus NU Medan mengamini hasil survei Lakspedam sehingga mengharap kesediaan Bagdja untuk mendeklrasikan kesediaan maju sebagai kandidat Ketua Umum Tanfidiyah.
Dia juga menyoroti posisi ketua umum tanfidziyah dan rais aam syuriyah yang selama ini kurang sejalan atau korang kompak, sehingga terkesan berjalan sendiri-seniri. ''Pak Hasyim dan Pak Bagdja saya nilai kompak sehingga sangat pas jika dipilih pada muktamar mendatang,'' paparnya.

Hadir pula pada dialog tersebut antara lain Ketua Ikatan Alumni PMII Arief Mudatsir Mandan, Politisi PKB Efendy Choiri, Ketua PBNU Mustofa Zuhad Mughni, Ketua PBNU Ridwan Lubis, Wakil Sekjen PPP Romahurmuziy dan sejumlah kader muda NU

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box