Jelang Muktamar, Syuriah NU Se-Indonesia Kumpul di Pati

Thursday, March 4, 2010
Kamis, 04/03/2010 20:58 WIB

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews
Semarang - Syuriah NU se-Indonesia bakal berkumpul di Pati, Jawa Tengah. Selain
membahas isu-isu menjelang muktamar akhir Maret mendatang, mereka bersiap mengusung nama calon Rais Syuriah PBNU.

Pertemuan dijadwalkan digelar di Ponpes Maslakhul Huda, Kajen, Pati, Minggu (7/3) mendatang. Sejumlah kiai sepuh yang hadir diantaranya, KH Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus (Rembang), KH Habib Luthfi bin Yahya (Pekalongan), KH Maemum Zubair (Rembang), dan lain-lain.

"Dari 33 syuriah, 26 di antaranya sudah memastikan akan hadir," kata Wakil Syuriah PWNU Jateng, KH Najib Hasan kepada wartawan melalui telepon, Kamis (4/3/2010).

Najib mengakui ada gerakan mereduksi peran syuriah NU agak tereduksi. Melalui pertemuan itu, syuriah merumuskan agenda penguatan peran syuriah di tubuh organisasi keagamaan terbesar di Indonesia itu.

Ketua Yayasan Makam dan Menara Kudus ini menambahkan ada kecenderungan syuriah NU diarahkan ke manajer fungsional organisasi. Padahal, sejatinya perannya lebih dari itu.

"Kita ingin asas-asas kesyuriahan sebagaimana digagas KH Hasyim Asyari, muncul dan diimplementasikan," kata Ketua Yayasan Makam dan Menara Kudus ini.

Apakah forum akan meminta kesediaan KH Sahal Mahfud sebagai Rais Am PBNU lagi? "Ya, kalau beliau tak keberatan, kami siap mengusung," pungkasnya.

Lokasi acara, Ponpes Maslakhul Huda merupakan ponpes KH Sahal Mahfud. Tema acaranya,"Peran Sentral Kealiman Syuriah NU dalam Menjaga dan Mengarahkan Jamiah".

(try/djo)

0 comments:

Post a Comment

banner125125 d'famous_125x125 ads_box ads_box ads_box